Selasa, 21 Desember 2010

5 Tangga Kepemimpinan John C Maxwell

(Sumber: http://www.savagechickens.com/)
Baru-baru ini saya membaca buku mengenai kepemimpinan, yaitu Buku leadership series  with NLP (Neuro-Linguistic Programming) Menjadi Pemimpin Yang Efektif Dengan Hati oleh Gendro Salim. Saya menemukan hal menarik dari buku tersebut yaitu mengenai 5 Tangga KepemimpinanJohn C Maxwell.

Dengan melihat 5 Tangga Kepemimpinan tersebut, kita dapat melihat bagaimana tingkatan pengaruh seorang pemimpin terhadap suatu organisasi atau perusahaan yang dipimpinnya. 

Mari kita lihat,  5 tangga kepemimpinan Maxwell, diantaranya :
  1. Posisi/Position
    • Pada tahapan ini, pemimpin ini hanya akan dianggap sebagai pemangku jabatan saja karena adanya penunjukan atau sekedar mengisi posisi jabatan. Secara kompetensi, kontribusi, ataupun pengaruh dia terhadap organisasi masih kurang dianggap sesuai oleh lingkungannya.  Pemimpin seperti ini tidak akan bertahan lama untuk memangku jabatannya tersebut.
  2. Permisi/Permission
    • Pada level/tangga ini, pemimpin ini sudah mendapatkan pengakuan dari lingkungan organisasi/perusahaannya. Tanggung jawab, komitmen, konsistensi, kejujuran, integritas, dan sebagainya harus terus dia kembangkan agar kepercayaan kepadanya sebagai seorang pemimpin tetap berada pada pandangan positif atau baik.
  3. Produksi/Production
    • Seorang pemimpin akan dituntut produktifitasnya dalam rangka pencapaian visi dan misinya, semakin cepat dan baik produktifitasnya dengan segala kegigihannya, maka para setiap orang diorganisasi/perusahaan yang dipimpinnya akan semakin kagum dan menghormatinya sebagai seorang pemimpin.
  4. Pengembang Orang/People Developer
    • Disini seorang pemimpin sudah dapat mencetak pemimpin lainnya. Mencetak seorang pemimpin tidaklah mudah, seseorang pemimpin dapat mengubah menjadi seorang pemimpin yang baru dengan tidak mengubahnya menjadi seperti dirinya, akan tetapi menjadi seorang pemimpin yang sesuai dengan karakter kepemimpinannya.
  5. Pemilik hati seorang pemimpin/Personhood
    • Pada level/ tangga kepemimpinan ini, jiwa sebagai seorang pemimpin sudah sangat melekat pada dirinya, semua hal positif yang berada di level-level sebelumnya sudah ada. Dia tidak memerlukan upaya yang keras untuk dapat diakui oleh orang lain, karena reputasinya di dalam organisasi/perusahaan sudah baik dan dikagumi.
Sekarang, kita dapat menilai diri dari diri sendiri, berada diposisi manakah anda saat ini, kita tidak akan hanya bersinggungan untuk organisasi/perusahaan saja, akan tetapi dimulai dari organisasi terkecil, yaitu keluarga, apakah anda sudah diakui sebagai kepala keluarga atau pemimpin dikeluarga anda??!!

Mari kita tutup dengan sedikit kutipan 
"A great leader's courage to fulfill his vision comes from passion, not position" - John Maxwell

1 komentar:

  1. Yth Pak Bambang
    Bagus sekali tetanng leadership maxwell. apakah Pak bambang juga trainer NLP.
    Bila iya saya ingin kontak. email saya margono.mitrohardjono"gmail.com dan WA sy 0818906231
    mhn kontak. trm ksh

    BalasHapus